Upacara Kasada: Ritual Suci Tahunan Suku Tengger

 

Upacara Kasada adalah hari raya adat Suku Tengger yang digelar setiap hari ke-14 di bulan Kasada dalam penanggalan jawa. Dalam Upacara Kasada, Suku Tengger melempar aneka sesajen berupa sayuran, buah-buahan, hasil ternak bahkan uang ke kawah Gunung Bromo. Upacara Kasada dilakukan Suku Tengger sebagai rasa syukur atas hasil ternak dan pertanian yang melimpah, memohon agar dijauhkan dari malapetaka, serta yang utama adalah sebagai peringatan pengorbanan Raden Kesuma. Suku Tengger adalah pemeluk agama Hindu lama. Tidak seperti umat hindu lainnya yang beribadah di candi, Suku Tengger justru melakukan peribadatan di punden.

Upacara Kasada dimanfaatkan pengemis dan warga suku Tengger yang tinggal di pedalaman untuk berebut mendapatkan sesajen tadi. Upacara Kasada juga menjadi salah satu tes yang harus dilalui calon dukun. Jika calon dukun melakukan kesalahan dalam Upacara Kasada maka ia gagal ditunjuk sebagai dukun. Upacara Kasada dilanjutkan tepat tengah malam, dimana pelantikan dukun dan pemberkatanmasayarakt di padang pasir Gunung Bromo. Seorang dukun sangat dihormati di Suku Tengger karena merupakan pemimpin agama. Maka dari itu, seorang dukun harus lulus ujian menghafal mantra-mantra sebelum dilantik.

 

Sumber:

https://www.pegipegi.com/travel/mengenal-upacara-kasada-di-tengah-eloknya-gunung-bromo/

https://blog.cozmeed.com/upacara-yadnya-kasada-suku-tengger/

SiscaA/3H/FISIBUNPAK


Penyewaan dan Pembuatan Kostum Tari Tradisional/Kreasi Indonesia, Marawis, Modern Dance, Musik, dan Marching Band yang Elegan, Otentik, Sesuai Pakem, Menarik, Lengkap, dan Murah.

WhatsApp Chat via WhatsApp