Tradisi Minum Kopi di Aceh yang Menjadi Gaya Hidup

 

Kopi ibarat nafas yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Aceh, tradisi ini sudah turun menurun sejak zaman kesultanan Aceh. Seiiring berkembangnya waktu aceh juga adalah salah satu daerah produsen kopi kelas dunia sejak zaman kolonial Belanda. Ada dua daerah sentra produksi kopi di Aceh yaitu Ulee kareng dan Gayo. Kopi ulee kareng termasuk jenis kopi robusta sedangkan kopi Gayo berjenis kopi arabika dan di kelas dunia termasuk kopi premium.

Di kedai-kedai kopi aceh umumnya menyediakan 3 varian rasa kopi yaitu kopi hitam, kopi susu dan juga kopi sanger, kopi sanger adalah kopi yang racikannya khas dan orisinil dari aceh. Penyajian kopi di Aceh juga mempunyai keunikan tersendiri, bubuk kopi tidak hanya di seduh dengan air panas melainkan dimasak agar citra rasa kopi benar benar keluar. Setelah dimasak kopi juga melalui bebrapa kali proses penyaringan dengan saringan kerucut.

Jika kita temui warung-warung kopi di aceh selalu dipenuhi oleh masyarakat aceh mau pemuda atau pun yang tua mau yang miskin atau pun yang kaya mereka bersatu tanpa sekat. Hingga sekarang tradisi itu masih ada dan dilakukan oleh banyak anak muda khususnya  apalagi fasilitas warung kopi yang lebih maju dan modern diantaranya sudah tersedia hospot (WiFi) atau banyak tempat yang membuat nyaman untuk berdiam diri lebih lama dikedai- kedai kopi.

 

Sumber: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tradisi-minum-kopi-yang-menjadi-gaya-hidup-di-aceh#lg=1&slide=11

Tazya/3H/FISIBUNPAK


Penyewaan dan Pembuatan Kostum Tari Tradisional/Kreasi Indonesia, Marawis, Modern Dance, Musik, dan Marching Band yang Elegan, Otentik, Sesuai Pakem, Menarik, Lengkap, dan Murah.

WhatsApp Chat via WhatsApp