Seren Taun: Upacara Adat Panen Padi Masyarakat Sunda

 

Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada hari Sabtu, 08 September 2019 melakukan upacara adat Seren Taun. Seren Tahun merupakan upacara syukuran masyarakat Sunda, kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil bumi pada setip tahunnya. Tujuan dan harapan dilakukannya upacara adat tersebut yaitu untuk dilancarkan musim tanam mendatang dikala menghadapi panen serta terhindar dari cuaca buruk yang bisa mengakibatkan kegagalan panen. Kata Seren Tahun sendiri, merupakan salah satu upacara adat tradisi Sunda ladang, biasanya diadakan setelah panen raya padi. Seiring berjalannya waktu nilai religi masuk ke dalam  tradisi ini. Nilai religi terletak pada pelaksanaannya di taun baru umat muslim yaitu bulan Muharam. Pelaksaan upacara seren tahun di desa Pulosari di awali dengan pengumpulan hasil-hasil bumi dari masing-masing kampung diarak menuju lapangan kantor desa, kemudian seluruh masyarakat desa berkumpul untuk melakukan do’a pemberkatan yang dipimpin oleh sesepuh yang dituakan di desa Kami. Setelah acara do’a selesai dilanjutkan dengan pesta rakyat untuk menikmati hasil-hasil bumi yang dibawa oleh masing-masing dari kampungnya. Momen menikmati hasil bumi adalah momen yang sangat seru, di mana seluruh masyarakat saling berebut makanan yang mereka suka sembari tertawa ria menyapa dengan masyarakat yang lainnya sehingga rasa kekeluargaan di desa Kami terlihat sangat erat.

 

Sumber: website https://www.kompasiana.com, dan upacara Seren tahun di tempat saya yaitu di Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal, Kabuvaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat.

SiskaS/3H/FISIBUNPAK


Penyewaan dan Pembuatan Kostum Tari Tradisional/Kreasi Indonesia, Marawis, Modern Dance, Musik, dan Marching Band yang Elegan, Otentik, Sesuai Pakem, Menarik, Lengkap, dan Murah.

WhatsApp Chat via WhatsApp